Sabtu, 12 Januari 2013

Pesona Wisata Pantai Lhoknga



lhoknga
Pantai Lhok Nga merupakan  salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat Aceh, terutama  pada hari Minggu. Pantai ini terletak di pinggir jalan raya Banda Aceh-Calang  (Aceh Jaya). Dari pantai terlihat sebuah pabrik semen Andalas yang sempat  mengalami kerusakan parah akibat terkena gelombang Tsunami. Di dekat pabrik semen tersebut, terdapat pegunungan kapur, yang kapurnya digunakan sebagai bahan baku utama produksi semen.
Pantai Lhok Nga terkenal  dengan pasir putihnya. Beragam karang putih dan keong dapat ditemukan di pasir pantai.  Di pantai ini para pengunjung dapat melakukan berbagai pilihan rekreasi, seperti berenang, berjemur, memancing,snorkeling dan berselancar. Ombak pantainya sangat cocok untuk berselancar, karena dapat  mencapai ketinggian hingga tiga meter. Khusus bagi pengunjung yang ingin berenang, perlu mengetahui adanya zona terlarang di mana pusaran ombaknya  terlalu berbahaya. Apabila tidak ada tanda tertulis tentang zona terlarang, pengunjung dapat bertanya kepada anggota penyelamat pantai ditower pengawas atau kepada orang-orang yang berjualan di sekitar pantai. Bagi perempuan yang ingin berenang, diharuskan mengenakan pakaian yang menutupi aurat (tidak terbuka).
Di sore hari suasana pantai terasa lebih hening dan nyaman. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunset yang  penuh pesona.
Pantai Lhok Nga terletak di  pantai barat Aceh di ujung Pulau Sumatera. Ia berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Lokasinya berdekatan dengan pantai Lampuuk dan dapat ditempuh melalui jalur Banda Aceh – Calang.
Jarak lokasi pantai dengan  kota Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi kurang lebih 22 km. Dari Kota Banda Aceh dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih 25 menit. Apabila naik angkutan umum, yaitu labi-labi(angkot) jurusan Banda  Aceh-Lhoknga (labi-labi no. 4) , dapat ditempuh kurang lebih 40 menit.
Saat ini belum ada akomodasi  di sekitar pantai. Berbeda kondisinya dengan sebelum tsunami yang banyak  tersedia cottage (tempat penginapan) bagi pengunjung.
Di lokasi pantai ada tempat penyewaan papan selancar. Untuk urusan makanan, pengunjung tidak perlu bingung. Di sepanjang pantai berjejer kedai makanan maupun kafe-kafe yang menjual  berbagai makanan dan minuman.
Sumber | wisatamelayu.com | Photo | Van Alvin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar